Kamis, 04 Februari 2010

Alpukat, Sahabat Baik Si Jantung


Alpukat, Sahabat Baik Si Jantung

Alpukat (Persea Americana Mill) adalah buah yang kaya lemak. Di dalam alpukat terkandung lemak yang sehat, seperti asam lemak tak jenuh tunggal oleat yang bersifat antioksidan kuat.

Lemak ini membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan HDL (kolesterol baik) yang tentunya sangat diperlukan untuk kesehatan jantung. Selain itu, kandungan betakaroten, klorofil, vitamin E dan vitamin B kompleks juga ikut menjadi pelindung yang baik bagi kesehatan. Dengan begitu, buah yang berasal dari daerah Amerika Tengah dan Meksiko ini mampu menekan terjadinya resiko stroke dan serangan jantung.

Mengonsumsi alpukat dalam jumlah banyak terbukti memberikan dampak positif dalam kolesterol dalam darah. Dalam sebuah penelitian, mereka yang menderita hiperkolesterolemia dan melakukan diet ketat alpukat menunjukkan kadar kolesterol totalnya menurun 17 persen Kolesterol jahat maupun trigliserida juga menutun ke angka 22 persen, dan terjadi peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) 11 persen. Selain tinggi lemak, alpukat juga kaya folat, potassium, vitamin B, E, K, dan serat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Photobucket