Jumat, 05 November 2010

APAKAH VITAMIN E DAPAT MENCEGAH KANKER??











Saya pernah berbicara dengan salah seorang kenalan saya. Beliau didiagnosa suatu penyakit saraf; cavernous angioma; suatu kelainan pembuluh darah yang ditandai dengan perubahan struktur. Singkatnya teman saya itu diberi vitamin E disamping obat antikejang. Lalu saya berpikir mengapa vitamin E. Selanjutnya saya mulai teringaat kembali tentang artikel yang pernah dipublikasikan oleh majalah kedokteran CDK volume 36 no 2, Maret-April 2009. Pada salah satu artikelnya ada yang berjudul “Apakah Suplementasi Vitamin C dan E Dapat Mencegah Kanker?”

Kita langsung pada kesimpulannya saja. Dapat disimpulkan bahwa sebagai pencegahan kanker, suplemen vitamin antioksidan (vit. C dan E) tidak menunjukkan manfaat, sedangkan makan makanan sehat yang kaya vitamin seperti buah dan sayur terbukti mengurangi resiko timbulnya kanker. Dengan kata lain, manfaat buah dan sayur tidak dapat digantikan dengan suplemen vitamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Photobucket